Arsavin’s Blog
SMAWIPA XI-2

Doctor Fish, Ikan Pengelupas Kulit

KOMPAS.com – Ikan Garra Rufa asal Turki atau yang biasa dikenal dengan “The Doctor Fish” (Sang Ikan Doktor) yang selama ini dipamerkan di Sea World Indonesia (SWI) berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit.
2153411p
Salah seorang supervisor SWI, Wahyu Setiono, di Jakarta, mengatakan, ikan yang berukuran maksimal 14 cm tersebut mampu memberikan khasiat terapi kerena memiliki enzim yang dapat menormalkan proses pembaruhan kulit dari hasil sekresi ikan pada saat menggigit.

“Ikan ini sebagai ikan pembersih karena hanya memakan daerah kulit yang mati atau terinfeksi, dan meninggalkan kulit yang sehat terus tumbuh,” katanya.

Menurut Wahyu, pihaknya saat ini telah menyediakan dua kolam khusus bagi pengunjung WSI yang ingin terapi dengan menggunakan ikan Garra Rufa.

Setiap kolam yang diisi 1.500 ikan Garra Rufa digunakan untuk enam orang. “Pada saat kaki dimasukkan ke dalam kolam, ikan tersebut langsung menggigit. Tapi tidak sakit kok, hanya pertamanya geli, tapi seterusnya enak,” ujarnya.

Ketika ikan itu menggigit, lanjut dia, ikan tersebut mengeluarkan enzim unik bernama dithranol (anthralin) yang dapat menghambat pertumbuhan sel kulit yang terlalu cepat. Oleh karena itu, gigitan ikan itu dipercaya dapat membantu mereka penderita penyakit kulit seperti psoriasis.

Selain itu, manfaat dari terapi tersebut di antaranya mampu memproses eksfoliasi (pengelupasan kulit mati) yang lebih alami dan organik, meningkatkan penyerapan kelembaban kulit, memperlancar sirkulasi darah, mengurangi dan mengaburkan bekas luka, membantu peremajaan kulit, membuat kulit lebih halus dan bersih dan lainnya.

Bagi para pengunjung yang mencoba terapi tersebut dikenakan tarif tambahan senilai Rp30 ribu dengan durasi waktu selama 20 menit.

“Pengunjung yang ikut terapi ini setiap harinya lumayan banyak. Bahkan kalau hari libur di atas seratus orang,” katanya.

SPA Garra Rufa ini awalnya hanya sebatas di negara Turki, namun kini berkembang di negara-negara lain seperti China, Jepang, Korea Selatan, Singapura dan Malysia.

Salah seorang pengunjung yang ikut terapi, Adi, mengatakan gigitan ikan Garra Rufa awalnya seperti disengat listrik. “Kayak disengat listrik, tapi lama ke lamaan kaki rasanya enak dan pegal-pegal menjadi hilang,” katanya.

dikutip dr:www.kompas.com

Belum Ada Tanggapan to “Doctor Fish, Ikan Pengelupas Kulit”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: