Arsavin’s Blog
SMAWIPA XI-2

Konsep Ekonomi Capres-Cawapres Hanya Obral Janji

1157486pJAKARTA, KOMPAS.com — Ketiga pasangan capres-cawapres telah mengajukan konsep ekonominya kepada publik. Namun, menurut pengamat politik Andrinof Chaniago, semua pasangan capres-cawapres tersebut hanya mengobral janji.

“Para pasangan capres dan cawapres masih memberikan janji-janji surga untuk memperbaiki ekonomi Indonesia. Namun, mereka tidak mendapatkan bagaimana cara mewujudkan janji itu,” kata Andrinof dalam sebuah diskusi bertajuk “Menelaah Visi Ekonomi 3 Pasang Calon Presiden-Wakil Presiden RI 2009-2014”, di Jakarta, Rabu (28/5).

Dosen Universitas Indonesia ini memberikan contoh, janji membuka lahan 7 juta hektar bukanlah hal mudah untuk dilakukan. “Memangnya tidak butuh banyak upaya, belum lagi pembebasan lahan juga memerlukan waktu yang lama,” kata dia.

“Belum lagi janji untuk menurunkan harga BBM, janji itu hanya sebatas janji. Harga BBM itu fluktuatif, tidak bisa ditetapkan,” tambah dia.

Janji manis lainnya yang disampaikan oleh salah satu pasangan capres-cawapres adalah peningkatan pertumbuhan ekonomi sampai dua digit, menanggapi hal tersebut, Poltak Hotradero, pengamat ekonomi, merasa janji tersebut akan sulit untuk dilakukan.

“Dilihat pertumbuhan investasi baru 15-20 persen, kalau mau pertumbuhan double digit investasi harus digenjot 100 persen,” kata Poltak.

Dan untuk mencapai investasi 100 persen, lanjut Poltak, adalah hal yang mustahil, Indonesia tidak mempunyai sumber dana. “Duitnya dari mana, kalau mau utang banyak juga tidak boleh, karena dalam undang-undang diatur utang tidak boleh lebih besar dari pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

dikutip:kompaz.com

Belum Ada Tanggapan to “Konsep Ekonomi Capres-Cawapres Hanya Obral Janji”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: