Arsavin’s Blog
SMAWIPA XI-2

GlObAL WaRmInG

Global-Warming-Approaching23jan05 3Pemanasan Global sudah terjadi dari dulu, buktinya bumi bisa panas padahal dulu pernah mengalami zaman es karena adanya pemanasan global. Pemanasan global ini terjadi karena alamiah, karena bumi kita dilapisi ozon (O3). Pemanasan global yang terjadi akhir-akhir ini karena berlubangnya lapisan ozon akibat CFC, dan karena meningkatnya gas-gas efek rumah kaca antara lain seperti CO2, metan dan ozon (O3 ini bukan yang ada dilapisan atmosfer itu lho tapi yang ada diudara sekitar kita). Efek dari lubangnya lapisan ozon tidak hanya berakibat terjadinya pemanasan global, namun berakibat makin asamnya laut karena penyerapan gas CO2 terbesar terjadi dilaut sehingga terumbu karang dan biota lainnya mati( bukan hanya karena lautnya yang makin panas tapi juga karena makin asam). Efek pemanasan global dapat menyebabkan es-es dikutub, dipegunungan mencair. es2 ini jika sampai kelaut menyebabkan ketidak seimbangan kandungan mineral laut sehingga pertukaran energi panas dan dingin di bumi terhambat (ingat film “The Day After Tomorrow” nggak?) hasilnya terjadi perubahan iklim ekstrim. Daerah yang biasanya panas makin panas dan daerah yang dingin makin dingin hal ini sudah terjadi lho, dan juga perubahan iklim karena adanya efek “El Nino” dan “La Nina”. Sehingga efek-efek ini dapat
diminimalis dengan merubah pola hidup kita menjadi lebih peduli dengan lingkungan, misalnya:
1. menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan (eco labeling), sekarang sudah banyak produk yang telah mencantumkan eco labeling.
2. pake produk kertas yang punya keterangan bahwa kertas tersebut berasal dari daur ulang.
3.kalo bepergian dekat jalan aja, karena selain mengurangi penggunaan BBM juga menyehatkan jantung ^_^, klo agak jauh pake sepeda, klo jaaauh sekali pake kendaraan umum.
4.hemat penggunaan PAM, listrik, dll
5.membeli peralatan listrik yang hemat energi.
6.kurangi penggunaan plastik, kresek, pada saat membeli barang nanti menimbulkan banyak sampah plastik dan jika dibakar menghasilkan gas2 yang berbahaya selain CO,CO2 yaitu dioxin.
7.klo makan dihabisin, jika nanti dibuang ke bak sampah menimbulkan gas metan, memang gas metan biasanya digunakan sebagai biogas tapi jika tidak ditampung dengan baik gas ini efek terhadap rumah kaca lebih besar jika dibandingkan dengan CO2.
8.jangan membakar sampah, pisahkan aja sampah organik (dapat jadi pupuk), sampah plastik (banyak yang bisa dijual kembali lho), sampah kertas (bisa didaur ulang), dan residu yang akan dibuang ke TPA(Tempat Pembuangan Akhir) dari pemisahan sampah ini keuntungan lain adalah umur TPA jadi lebih panjang ato lebih kecil lahan yang dibutuhkan.
9.menanam pohon, kalo hanya punya halaman sempit tanaman kecil2 juga gak papa. tidak perlu besar yang dicari kan jumlah daun yang banyak.
10.dll
Semua hal ini tidak dapat efektif jika semua pesimis bahwa pemenasan global tidak bisa diminimalis. Cobalah dari diri sendiri, lalu mengajak orang lain bertindak, baru ikut berorasi diberbagai organisasi lingkungan. karena butuh banyak pihak, banyak waktu, banyak kesabaran.
Mungkin bukan kita yang akan merasakan bahwa bumi ini lebih baik dari bumi yang sekarang tapi DEMI ANAK CUCU KITA, mereka bisa merasakan hasilnya.^_^
materi referensi:
Banyak sekali situs2 internet, media elektronik lainnya dan buku yang memuat tentang masalah pelestarian lingkungan.Banyak kok cari aja.

dikutip dr:google.com

Belum Ada Tanggapan to “GlObAL WaRmInG”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: